Sejarah SMA Negeri 1 Guntur Kabupaten Demak


SMA Negeri 1 Guntur termasuk sekolah negeri yang baru dibandingkan sekolah-sekolah negeri lainnya di Demak. Secara yuridis, SMA ini berdiri tanggal 1 Juli 1999 dengan SK Mendikbud RI Nomor. No. 046/o/2001. Selama belum memiliki gedung sendiri, tepatnya pada awal tahun pelajaran 1999/2000, SMA Negeri 1 Guntur masih menginduk pada SMA Negeri 1 Karangtengah. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Karangtengah masuk kelas pagi, sedangkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Guntur masuk kelas siang hari. Di tahun 2001, setelah memiliki gedung sendiri, semua pengelolaan dan pembinaan sekolah secara langsung dihandel oleh SMA Negeri 1 Guntur secara mandiri.
SMA Negeri 1 Guntur memiliki areal seluas 11.855 m2 yang terletak di Jl. Raya Guntur, Desa Guntur, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak bagian selatan yang memiliki batas-batas sebagai berikut :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Persawahan
  • Sebelah Selatan berbatasan Persawahan
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Lapangan sepakbola
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Persawahan
Letak SMA Negeri 1 Guntur ada di tengah-tengah pemukiman penduduk kampung yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani, pedagang dan buruh pabrik. Gaya hidup masyarakat cenderung konsumtif. Tingkat kepedulian masyarakat terhadap pendidikan tergolong cukup tinggi. Terbukti bahwa jumlah peserta didik SMA Negeri 1 Guntur cenderung meningkat dari tahun ke tahun